>

Thursday, July 4, 2013

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Cara Mengatasi Insomnia - Hai ladies, kamu pernah mengalami susah tidur atau yang sering kita sebut dengan insomnia? Pastinya nggak enak banget tuh, udah dipaksain untuk tidur tapi tetap saja tidak bisa. Terlalu sering mengidap insomnia juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita karena kekurangan waktu istirahat tidur.
Sebenarnya apa sih penyebab insomnia dan bagaimana sih cara mengatasi insomnia? ini merupakan pertanyaan yang sering sekali ditanyakan kebanyakan orang. Yuk, kita bahas bersama-sama tentang penyebab dan cara mengatasi insomnia atau susah tidur.

Penyebab Insomnia

Gangguan tidur atau Insomnia sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, penyebab insomnia yang paling sering terjadi yaitu :
  1. Insomnia disebabkan oleh pemakaian obat-obatan,
  2. Insomnia disebabkan oleh kelainan emosional,
  3. Insomnia disebabkan oleh kelainan fisik,
  4. Insomnia disebabkan oleh kondisi jiwa,
  5. Insomnia disebabkan oleh menahan rasa kantuk yang berulang-ulang,
  6. Insomnia disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang nyaman.

Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Kita sudah tau penyebab insomnia sekarang kita juga harus tahu dong cara mengatasi insomnia tersebut. Nah, kami punya 6 tips ampuh mengatasi insomnia tanpa harus mengkonsumsi obat.
  1. Jangan mengkonsumsi kafein / kopi pada sore hari
  2. Yups, kita semua tahu kalau kafein merupakan bahan atau zat yang dapat membuat kita terjaga alias tidak bisa tidur. Jadi, hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung kafein disore atau malam hari.
  3. Kurangi Waktu Tidur Siang
  4. Nah, ini menjadi salah satu kebiasaan kita "Tidur Siang". Tentunya kalau keseringan tidur siang badan kita akan tidak merasa ngantuk disaat malam hari. Sebaiknya kurangi waktu tidur siang atau setidaknya lakukan pekerjaan yang membuat badan kita lelah disiang hari.
  5. Mandilah dengan Air Hangat Senyaman Mungkin
  6. Mandi menggunakan air hangat dapat menurunkan ketegangan otot-otot kita sehingga kamu menjadi rileks dan enak untuk tidur.
  7. Baca Buku
  8. Cara ini dirasa cukup ampuh, bacalah buku secara berulang-ulang. Biasanya nanti kita dengan sendirinya menjadi bosan dan mengantuk.
  9. Menghitung Secara Perlahan
  10. Ladies sering lihat di kartun-kartun kan yang menghitung domba lalu seketika ia tertidur. Ternyata cara ini memang benar loh, kita akan merasa bosan jika menghitung secara perlahan dan pada akhirnya kita tertidur.
  11. Berdoa Sebelum Tidur
  12. Nah ladies, cara yang terakhir ini wajib dan memang harus dilakukan sebelum tidur. Dengan berdoa, perasaan kita menjadi tenang dan dapat membuat kita nyaman untuk tidur.
Hmmm, bagaimana ladies tips cara mengatasi insomnia tanpa obat diatas. Dicoba deh, dijamin nanti gangguan insomnia kamu dapat berkurang. Yang terpenting usahakan diri kamu rileks dan tidak memikirkan hal-hal yang berat. Oke, selamat tidur dan semoga tidak terkena insomnia lagi.
Bagikan »
Hi Ladies, kamu baru aja baca artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat . Apakah artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat menarik? Owh ya, jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini untuk temanmu.
URL : "https://wikinita.blogspot.com/2013/07/penyebab-dan-cara-mengatasi-insomnia.html".