>

Sunday, October 20, 2013

Tips Agar Anak Nafsu Makan ( Penyebab dan Cara Mengatasinya )

Tips Agar Anak Nafsu Makan pasti sering sekali dicari oleh para bunda. Yups, anak sering sekali tidak nafsu atau malas untuk makan dan berbagai cara telah dilakukan. Namun, tetap saja si kecil masih tidak bernafsu untuk makan. Padahal makanan sangat berguna bagi pertumbuhan anak kita.

Mungkin bunda bisa mencoba beberapa tips supaya anak nafsu makan dengan melihat penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa penyebab yang paling sering menyebabkan anak tidak nafsu makan.

Tips Agar Anak Nafsu Makan

  • Bosan dengan makanan yang disajikan
  • Cara mengatasi : Bunda bisa membuatkannya hidangan yang lebih bervariasi, untuk itu bunda bisa memikirkan menu yang berbeda tiap minggunya. Tidak hanya itu. Bunda juga bisa berkreasi dengan masakan dan pintar-pintar mengolahnya. Jangan abaikan pula dalam menghidangkan masakan, sajikan dengan bentuk yang dapat menggugah selera makan si kecil.
  • Anak khawatir tidak dapat menghabiskan porsi yang sudah ditakar
  • Cara mengatasi : Tanyakan pada si kecil seberapa banyak porsi yang diinginkannya. Jangan memberikan porsi yang melebihih kapasitas perutnya.
  • Si kecil tidak mau makan karena sedang asyik bermain dengan temannya
  • Cara mengatasi : Menjelang jadwal makan, segera hentikan aktivitas bermainnya.
  • Anak dalam kondisi sakit atau sedang merasa sedih
  • Cara mengatasi: Jangan paksakan anak bila kondisinya tiba-tiba tidak ceria, beri makanan sehat padat kalori yang ia sukai misalnya makaroni skutel
  • Terlalu banyak mengkonsumsi susu
    Susu memang sangat baik untuk kesehatan, namun bagi orangtua yang agak kurang sabar untuk memberikan makanan padat biasanya sering menggantinya dengan susu untuk mencegah anak kelaparan. Hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi anak berusia 1 tahun keatas, kebutuhan susu untuk anak diusia 1 tahun keatas adalah 2 gelas sehari.
  • Cara mengatasi: Mulailah melatih anak mengurangi konsumsi susu yang berlebihan dan menggantinya dengan berbagai makanan sehat.
  • Fase sikap membangkang anak
    Pada usia 2 tahun ke atas ada fase dimana anak cenderung membangkang dan tidak mau mematuhi perintah. Bila disuruh makan si kecil suka melepeh dan melempar makanannya. Pada fase ini bila si kecil dipaksa maka ia akan semakin melawan. Bila dipaksakan masa si kecil akan semakin menolaknya.
  • Cara mengatasi: Bersikaplah komunikatif terhadap si kecil, jangan memaksanya namun tidak berarti juga Anda membiarkannya begitu saja.
Oke, semoga dengan mengetahui penyebab anak tidak nafsu makan bunda bisa mencari solusi terbaik untuk menambah nafsu makan si kecil. Selamat mencoba.
Bagikan »
Hi Ladies, kamu baru aja baca artikel Tips Agar Anak Nafsu Makan ( Penyebab dan Cara Mengatasinya ) . Apakah artikel Tips Agar Anak Nafsu Makan ( Penyebab dan Cara Mengatasinya ) menarik? Owh ya, jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini untuk temanmu.
URL : "https://wikinita.blogspot.com/2013/10/tips-agar-anak-nafsu-makan.html".